StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  

Article Time Stamp: 01 February 2009, 23:20:14 GMT+7

Anak-Anak Terang



Pembacaan Alkitab: Efesus 5:8-21

8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang di dalam Tuhan, 9 karena terang hanya berbuahkan kebajikan dan keadilan dan kebenaran, 10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.12 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. 13 Tetapi segala sesuatu yang telah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."

15 Karena itu, perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, 19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyilah dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

20 Ucapkanlah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita 21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.


RENUNGAN
Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang di dalam Tuhan (Efesus 5:8)

Saat mengemudi menuju kantor, aku melewati kolam kecil di sisi jalan yang penuh lumpur. Berbagai jenis sampah mengelilingi kolam itu. Yang menarik perhatianku adalah sinar matahari menyinari sepasang bebek cantik yang berenang di tengah kolam. Di tengah sampah dan juga cahaya matahari itu, dua makhluk ini seakan tidak terganggu.

Seandainya saja kita dapat menjadi seperti dua bebek itu! Dalam dunia yang sempurna tidak akan terdapat sampah; tetapi sayang dunia yang kita diami ini tidak sempurna. Sikap negatif, godaan, dan berbagai kejelekan lain ada di sekeliling kita.

Bagaimana kita dapat mencerminkan terang Allah dalam dunia yang tidak sempurna itu? Dengan menjadikan Allah sebagai pusat hidup kita, kita dapat menolak godaan dan berkonsentrasi untuk mengembangkan jiwa yang mulia, penuh kasih dan kebaikan, yang kemudian akan terpancar pada tiap orang yang kita jumpai. Kita mungkin tidak akan pernah mencapai kesempurnaan, tetapi dengan melakukan yang terbaik dalam meneladani Yesus Kristus, kita dapat menjadi contoh terang bagi orang lain di dunia yang kelam.

Doa: Terang kesetiaan, tolong kami untuk selalu menempatkan-Mu sebagai pusat kehidupan kami, agar kami dapat senantiasa meneladani hidup setia di dunia yang kelam ini. Amin.

Pokok pikiran: Bagaimana aku dapat memancarkan kasih Allah untuk menerangi kegelapan?

Doa syafaat: Mereka yang tinggal di lingkungan berpolusi.


Sumber:
Janet Kerns (Virginia)
Saat Teduh BPK Gunung Mulia - Jakarta Indonesia
Kamis, 29 Januari 2009


 Back To Previous Page ...