StumbleUpon  Del.icio.us  Facebook  Reddit  Add to diigo  

Article Time Stamp: 21 September 2009, 17:09:49 GMT+7

Bijak = Berhikmat



Tepat sebelum wafat, Pak Kadir menulis wasiat pembagian warisan 7 sapi yang dimilikinya bagi ketiga anaknya. Anak pertama mendapat setengah dari jumlah sapi yang ada, anak kedua mendapatkan setengah dari sisa jumlah sapi tadi, dan begitu pula anak ketiga mendapatkan setengah dari sisa jumlah yang ada. Karena sapinya berjumlah ganjil maka tentu saja itu mendatangkan pertengkaran diantara ketiga anak tadi. Kemudian seorang pendeta datang dan meminjamkan satu ekor sapinya kepada keluarga tersebut supaya jumlahnya genap dan membaginya mudah. Semua orang bertanya siapa nanti yang harus bertanggung jawab mengembalikan sapinya. Pak pendeta berkata, "Tenang saja, kalau memang tidak ada yang mau mengembalikan, saya merelakannya." Kemudian dibagilah warisan tadi. Anak pertama mendapatkan setengah dari 8 sapi, artinya mendapat 4 sapi. Anak kedua mendapatkan setengahnya yaitu dua, dan anak ketiga mendapatkan setengahnya pula, yaitu satu. Lalu ketiganya bertanya, "Lantas sisa satu sapi ini kepunyaan siapa?". Dan dengan serentak semua menjawab, "Kembalikan kepada pak pendeta!". Demikianlah pertengkaran keluarga tadi reda.

Hikmat sangatlah berharga, bahkan emas dan permatapun tidak bisa menandinginya. Hikmat dunia berbeda dengan hikmat yang datang dari Allah sendiri. Hikmat dunia selalu dikotori dengan perasaan iri hati dan mementingkan diri sendiri. Hikmat ini menghasilkan kekacauan dan perbuatan jahat. Sedangkan hikmat yang dari Allah akan diwarnai oleh kemurnian, kedamaian, penuh keramahan, penuh belas kasihan penuh buah-buah yang baik, adil dan tidak munafik. Himat yang dari Allah ini lahir dari kelemahlembutan yaitu rela diperlakukan apa saja dengan keyakinan bahwa Allahlah yang mengijinkan semua perlakuan tadi kita terima.

Hanya hikmat Ilahi yang sanggup menyelesaikan segala permasalahan kita di dunia ini, lebih dari apapun.

"Siapakah diantara kamu yang bijak dan berpengetahuan? Biarlah ia menunjukkan segala perbuatannya daripada kelakuan yang baik, dengan kebijakan yang lemah lembut."
( Yakobus 3:13 )

Tuhan Yesus Memberkati..


 Back To Previous Page ...